Langsung ke konten utama

Evaluasi Tengah Semester - PWEB B

 ETS PWEB


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan web responsive? Bagaimana cara membangunnya?

        Web responsive adalah suatu web dimana ia dapat menyesuaikan tampilan dan layoutnya pada berbagai perangkat elektronik yang memiliki ukuran layar yang berbeda. Website yang responsif ini dapat memberikan pengalaman yang baik bagi semua pengguna perangkat, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan berinteraksi dengan konten yang ada di dalam web.

Cara membangun website responsive :

  1. Menetapkan Meta Tag : Meta Tag ini berfungsi untuk memberitahu browser agar menonaktifkan skala awal, sehingga situs web dapat menyesuaikan tampilannya pada berbagai perangkat
  2. Menetapkan Struktur HTML : Struktur HTML perlu ditetapkan sejak awal untuk membantu menjaga kenyamanan dalam melihat konter serta aksebilitas di berbagai perangkat. Bisa 'div', 'span', dan 'img'
  3. Menetapkan Sistem Grid : Manfaatkan istem grid yang fleksibel dan unit-relative seperti persentase untuk lebar. Hal itu untuk memastikan isi konten dapat menyesuaikan secara proposional
  4. Optimasi Gambar : Gunakan gambar responsif yang memuat dengan cepat dan terlihat baik di berbagai perangkat
  5. Pengujian : Uji desain anda secara berkala

2. Buatlah screenshot dari aplikasi yang telah dikerjakan, kemudian buat link ke tugas source codenya.

1. CV dengan HTML

Repository : Github

Web (deploy): CV

Screenshot tampilan : 



2. Layout HTML & CSS

Repository : Github

Web (Deploy) : Simple Portal Berita

Screenshot tampilan :


3. Landing Page Web Kursus

Repository : Github

Web (Deploy) : KursusIn

Screenshot tampilan :



4. Validation form dengan javascript

Repository : Github

Web (Deploy) : Validation Form

Screenshot tampilan :




5. Wedding Invitation

Source Code : Github

Web (Deploy) : Wedding Invitation

Screenshot tampilan :





6. Login page with Bootstarp
Repository : Github
Web (Deploy) : Login Page

Screenshot tampilan :


3. Sebuah perusahaan  ingin membuat aplikasi web untuk portal berita. Fungsi aplikasi untuk display berita terbaru, pengelompokan kategori, lowongan pekerjaan, informasi iklan atau event kegiatan. Selain itu tersedia juga form untuk pembaca memasukkan artikel atau opini yang ingin dimuat di portal berita. Desainkan front end website perpustakaan.

4. Implementasikan desainmu dan buat dokumentasi.
Repository : Github
Web (Deploy) : News Portal

Screenshot tampilan :






5. Presentasikan dalam video youtube, dan diembedded ke dalam blog dokumentasi.

Terima Kasih










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 - Membuat CV menggunakan HTML

      Membuat CV dengan HTML      Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi hasil belajar terbaru saya. Saya membuat Curriculum Vitae (CV) dengan menggunakan bahasa HTML. Saya menggunakan Visual Studio Code dalam penulisan kode saya. Berikut ini saya lampirkan tautan repository, web, screenshot: Repository :  Github (Repository) Web (deploy):  CV Screenshot tampilan CV saya:      Saya harap artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman yang ingin memulai perjalanan pemrograman atau meningkatkan keterampilan mereka.

Tugas 6 - Membuat Validation Form dengan Javascript

  Membuat Validation Form      Pada kesempatan kali ini saya  membuat Formulir absensi. Formulir ini dilengkapi dengan beberapa fitur sederhana, diantaranya saran/rekomendasi pada saat input nama (suggestion name), validasi nama tidak boleh kosong, validasi dalam inputan NRP (10 digit angka), validasi untuk email, mata kuliah dan nama dosen yang tidak boleh kosong. Saya membuat  Undangan Pernikahan ini  dengan menggunakan bahasa HTML  dan CSS yang dipadukan dengan Javascript. Saya menggunakan Visual Studio Code dalam penulisan kode saya. Berikut ini merupakan hasil dari pekerjaan saya : Repository :  Github Web (Deploy) :  Validation Form Screenshot tampilan layout :  Saya harap artikel ini dapat memberikan inspiraasi kepada teman-teman yang ingin memulai perjalanan pemrograman atau meningkatkan keterampilan mereka.